Minggu, 27 Januari 2013

Cara Buat ReadMore (Baca Selengkapnya) pada Posting Blogspot

Wah jadi tambah penasaran ne...setelah lihat-lihat dengan menjadi blogwalking ke beberapa blog untuk sekedar menimba ilmu, belajar, tengok-tengok cari sasaran empuk buat di jadiin target plagiat ane selanjutnya :-)...ternyata ngeBlog tak kalah mengasyikkan dari sebuah game online maupun aktifitas online yang laen. Yah dari sini ane yang gaptek dan tidak mengenal apa-apa tentang kode-kode script html mencoba sedikit demi sedikit mempelajarinya meskipun seperti orang buta yang berjalan dalam kegelapan, namun ane tetap bersyukur karena masih memiliki tangan dan telapak kaki yang masih mampu untuk meraba kesana kemari serta tongkat yang ane namakan dengan "mbah google" yang setia menuntunku dari semua jalan buntu dan lubang dalam kegelapan.
Namun aku tetaplah aku yang masih copo dan tidak tahu apa-apa dengan script html hingga cenderung mencari cara yang lebih mudah dengan mengurangi sesuatu yang porsinya banyak mengandung script html. Salah satunya adalah menampilkan posting text blog dengan penggalan Read more -> atau Baca selengkapnya ->.

Dari beberapa artikel yang saya jumpai hasil dari jalan-jalan dalam kegelapan dengan bimbingan tongkat "mbah google" terdapat beberapa macam cara untuk menampilkan posting text seperti ini


Pada mulanya saya hanya menemukan pembahasan artikel yang menggunakan pengeditan script html, untuk menampilkan postingan dengan bacaan "read more" atau "baca selengkapnya" namun ternyata tanpa sepengetahuan saya yang masih copo tentang masalah per-blog-an ini semuanya sudah tersedia dalam menu posting di blogspot pada khususnya. Untuk selanjutnya kita langsung praktik saja, login ke account blogspot anda trus coba edit posting atau create posting baru setelah itu taruh kursor pada akhir dari kata dalam posting yang ingin kita tampilkan bacaan readmore atau baca selanjutnya lalu klik insert jump break atau untuk lebih jelasnya mengenai insert jump break dapat anda simak pada gambar berikut:


Nah begitulah cara simple menampilkan posting dengan menu readmore atau baca selengkapnya, meskipun begitu ini adalah cara manual dan nyaman untuk dilakukan sebagai seorang blogger pemula seperti saya ini yang masih baru belajar coba-coba posting dan postingannya pun belum banyak jadi kalau mau setting readmore seperti ini pada tiap-tiap postingan masih memungkinkan.

Tapi apabila jumlah posting anda telah terlampau banyak dan dari awal penyusunan posting blog belum menggunakan menu ini maka alangkah panjang langkah anda untuk melakukan setting seperti halnya penjelasan saya di atas, Jika anda menemui kondisi yang seperti ini maka anda lebih baik untuk memaksakan diri mempelajari script html yang di perlukan untuk membuat tampilan readmore secara otomatis pada semua posting anda. Untuk penjelasannya ijinkan saya bereksperimen terlebih dahulu karena saya juga belum pernah mencoba penampilan posting dengan readmore atau baca selengkapnya melalui editing script template html ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar