Jumat, 04 Januari 2013

Pantai Sungai Rokan



Alangkah indahnya panorama pantai ini, sungguh sangat disayangkan jika anda tidak mengunjungi pantai ini. Ya, pantai ini berada disungai rokan tepat nya terletak di kepenghuluan suak temenggung kec. pekaitan kab. rokan hilir, pantai ini bukan lah sperti pentai cermin yang indah nya luar biasa,pantai ini sebenarnya sangat sederhana.

gbr.1 gundukan pasir pantai

pantai ini terjadi akibat pasir yang dikikis oleh air pasang, lalu kemudian berkumpul disuatu tempat dan kemudian akhirnya menjadi daratan seperti pantai..
proses pengikisan ini terjadi bertahap tahap...
namun pantai ini mempunyai kekurangan ,yaitu jika waktu air laut pasang maka pantai ini akan tenggelam dan sebaliknya jika air surut maka dia akan timbul lagi. air laut pasang akan terjadi 2 kali dalam 24 jam..

gbr.2 sewaktu masih pasang
pantai ini mulai timbul sekitar tahun 2007 dan berangsur angsur meluas sampai sekarang..
lebar pantai ini kira kira 1/3 lebar sungai rokan sekitar 800 meter dan panjang sekitar 5000 meter, pantai ini memanjang mulai dari pesisir kepenghuluan teluk bano sampai ke pesisir kepenghuluan pedamaran,.. namun bagian yang paling dangkal tepat nya di kepenghuluan suak temenggung..



pantai ini banyak dikunjungi biasa nya pada hari2 libur ,misal nya lebaran dan tahun baru..
pada waktu lebaran thun 2011 ,pantai ini mencapai puncak kepadatan pengunjung..
namun sangat disayangkan ,tidak ada perhatian dari pemerintah .
kalau seandai nya tempat ini di bangun dan diberi fasilitas yang memadai maka akan semakin banyak pengunjung dan sentra rekreasi terbesar khusus nya kabupaten rokan hilir..
sekian dari penulis,smoga bermanfaat bagi semua.

Nahh...  Berikut Photo-photo Ane Gan....
Hhahahahahahah....




















 

3 komentar:

  1. Terima kasih infonya, Gan, menarik.... Mau tanya: "pantai ini mulai timbul sekitar tahun 2007 dan berangsur angsur meluas sampai sekarang.." Berarti air Sungai Rokan dulu lebih lebar daripada sekarang ya?

    BalasHapus
  2. Iya.. gan. Bahkan sungai Rokan semakin lama semakin menyempit.
    salam kenal agan.
    kalau ada waktu kunjungin lah pantai kami :D

    BalasHapus
  3. Waktu lebaran kmarin lewat dari jl.posros penasaran kok bnyk kali anak muda anak muda pake helm clana sampe betis basah , eh cari2 info rupanya ada pantai teluk bano

    BalasHapus